Labels

Sabtu, 18 Februari 2012

Membuat Kalkulator Cinta dengan PHP



Lagi galau karena suatu hal? Cocok sama pasangan kah? Apakah diterima sama sang pujaan hati? Silahkan buktikan dengan Kalkulator Cinta. Hehe. Pada pembahasan kali ini kita akan membuat kalkulator cinta dengan PHP dan juga MySQL. Apa itu Kalkulator Cinta? Pernah nonton iklan yang bunyinya ketik REG spasi apaajadah kirim ke 1234567890? Kemudian si pemilik sms premium akan memberikan seberapa persen kah kita cocok dengan pasangan anda atau orang yang anda sukai.

Nah sekarang saya mau coba untuk membuat kalkulator cinta dengan menggunakan php basic. sebenernya logikanya cukup mudah kok. Karena cuma menggunakan fungsi rand() saja. Tetapi yang jadi masalah adalah jika nama yang sama kembali diinput lagi, tentu hasilnya akan berbeda dengan percobaan pertama. Oleh karena itu setelah kita input data pada percobaan pertama kita akan langsung masuk ke database. Lalu bagimana jika data yang input pada percobaan berikutnya sama dengan nama yang sama pada percobaan-percobaan sebelumnya. Maka dari itu kita akan memvalidasi data terlebih dahulu dengan mengeceknya di database apakah sudah ada data yang sama dengan yang kita input sebelumnya.
Kurang lebih begitulah logikanya untuk membuat sebuah kalkulator cinta sederhana dengan PHP dan juga MySQL. Oke sekarang kita akan coba praktekan langsung ke codingannya.
pertama kita buat dulu file untuk konek ke databasenya.
1
2
3
<?php
mysql_connect("localhost","root","");
mysql_select_db("cinta");
biar simple jadi saya menggunakan codingan seperti diatas. Tapi saya sarankan untuk tidak menggunakan codingan diatas. karena terlalu riskan jika terdapat kesalah pengetikan. Oh ya dari script diatas kita ketahui bahwa saya membuat database dengan nama “cinta”. kalau agan-agan terserah aja kasih namanya, tapi biar seragam ikutin ajadah, hehe. Satu lagi, script diatas saya beri nama connect.php
Setelah membuat connect.php sekarang kita akan membuat index.php yang fungsinya adalah sebagai halaman utama dari kalkulator cinta kita ini. Adapun scriptnya adalah sebagai berikut:
1
2
3
4
5
6
7
<form method="post">
Nama Anda <input name="nama1" type="text" />
 
Nama Pasangan anda <input name="nama2" type="text" />
 
<input type="submit" value="cek kecocokan" />
</form>
script diatas adalah untu form htmlnya. Pada script diatas kita lihat bahwa action=” “. Loh kok dikosongkan? Ya sebenernya sengaja biar nanti form tersebut larinya ke halaman itu sendiri.
Adapun Script PHPnya adalah sebagai berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31
32
33
<?php
include 'connect.php';
$nama1 = $_POST['nama1'];
$nama2 = $_POST['nama2'];
$random = (rand()%100);
$select = mysql_query("select * from data where nama1= '$nama1' and nama2='$nama2'");
$row = mysql_num_rows($select);
if($row >= 1)
{
    if(isset($nama1) or isset($nama2))
        {
    $data = mysql_fetch_array($select);
    echo $data['nama1']." dan ".$data['nama2']."
 Kecocokan kalian adalah ".$data['persen']."%";
    }
}
else
{
    if(isset($nama1) or isset($nama2))
    {
    if(empty($nama1) or empty($nama2))
        {
        echo "Anda Belum memasukkan nama anda atau nama bias anda";
        }
    else
        {
        $insert = "insert into data set nama1='$nama1', nama2='$nama2',persen='$random'";
        $query = mysql_query($insert);
        echo "$nama1 dan $nama2 Kecocokan kalian adalah $random % ";
        }
    }
}
?>
Taruh script php diatas dibawah script Form html yang sebelumnya dibuat. Kalau ingin beda halaman juga silahkan, jadi nanti di action pada form HTMLnya dikasih nama halaman yang dituju. Tetapi untuk saat ini kita buat dulu dibawah form html yang tadi.
Oh ya saya belum menjelaskan ya rincian dari script diatas. Oke-oke saya jelaskan sedikit. Seperti yang dibilang pada awal artikel, bahwa logikanya cukup mudah. Pertama-tama kita akan memvalidasi apakah nama yang akan kita input sudah ada di database atau belum. Logika tersebut dijabarkan dengan script ini:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
<?php
..
$select = mysql_query("select * from data where nama1= '$nama1' and nama2='$nama2'");
$row = mysql_num_rows($select);
if($row >= 1)
{
..
}
else
{
..
}
Nah Pada Script diatas kita memvalidasi apakah nama yang kita input sudah kita input sebelumnya atau belum. Jika sudah maka tentu program akan mengambil data dari database dan hanya tinggal menampilkannya saja. Sedangkan jika belum maka program akan menginput nama-nama baru tersebut ke database dan presentasi kecocokan dengan fungsi rand() saja
Sedangkan database yang saya pakai hanya memakai satu table saja. Yaitu:
Table “data”
field :
- id_data (int) -> jangan lupa di set Auto Increament
- nama1 (varchar)
- nama2 (varchar)
- persen (int)
Bagaimana? Cukup mudah bukan membuat kalkulator Cinta dengan PHP dan juga MySQL? Hmm, atau malah males baca tutorialnya dari awal dan ngikutin langkah-langkahnya? Silahkan Download disini. Password zipnya “http://tukangbolos.com” tanpa tanda petik tentunya.
NB:  saya mencobanya di wamp dan terdapat error, karena cuma buat iseng-iseng doang saya abaikan syntax error tersebut soalnya memang tidak mempengaruhi program yang kita buat. Tapi jika ingin mengatasinya, coba saja pisahkan codingan php dan juga form HTML nya. Atau mungkin ada saran lain? Ditunggu yah.

sumber : tukangbolos.com

0 comment:

Posting Komentar

Followers