Labels

Senin, 26 September 2011

Aplikasi Laporan Deployment dengan menggunakan VB 6.0

BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Pada saat ini perkembangan dunia informasi sangat pesat. Para ilmuwan berlomba-lomba untuk menciptakan Aplikasi Informasi komputer yang paling canggih dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan manusia saat ini. Hampir di semua bidang menggunakan jasa komputer untuk membantu pekerja yang bila dikerjakan oleh manusia secara manual sangat membutuhkan ketelitian, kesabaran, keuletan serta waktu yang lama


Pengolahan database merupakan suatu pengolahan data secara komputerisasi yang dapat menutupi kelemahan – kelemahan pada pengolahan data secara manual terutama pada saat mengolah data yang cukup banyak. Pengolahan database saat ini banyak digunakan pada dunia pendidikan maupuan dunia non pendidikan. Pada dunia non pendidikan, misalnya didalam dunia jasa komputer, untuk mempercepat proses input, output, edit, pencarian data maupun penyajian laporan yang cepat dan akurat. dibutuhkan suatu sistim komputerisasi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan pada PT.Istidata Indopasific Solution Center yang bergerak pada bidang jasa komputer dengan alamat Jl.Abdul Muis No.36 G-H Jakarta Pusat, dimana perusahaan tersebut mendapatkan kontrak kerja dari satu principal komputer ternama yaitu Hewlet Packet Services Indonesia, untuk melakukan tugas Deployment PC Seat Management BCA Project di seluruh Indonesia. Untuk itu penulis tertarik untuk membuat suatu aplikasi pengolahan data pada Project Deployment PC Seat Management tersebut untuk disajikan sebagai tema penulisan ilmiah pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jakarta STI&K.
Berdasarkan analisa tersebut, maka pemakaian aplikasi informasi komputer diharapkan mempu mempercepat proses pengolahan data dan keakuratan data yang dihasilkan.
1.2 Masalah dan Pembatasan Masalah
Masalah yang dibahas oleh penulis dalam penulisan ilmiah ini terbatas pada proses pembuatan laporan pekerjaan yang telah dilaksanakan dan data yang diolah meliputi pengimputan data user yang telah mendapatkan penggantian dari komputer lama ke komputer baru dengan merk Hewlet Packet (HP) tersebut dengan menggunakan pemograman Visual Basic 6.0.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan ilmiah ini adalah agar pengolahan data mengenai pembuatan laporan pekerjaan yang telah dilaksanakan lebih cepat dan akurat. serta sebagai ajang latihan penulisan dalam membuat suatu sistim yang bermamfaat dimasa yang akan datang.
1.4 Metode Penelitian
Dalam mempersiapkan penyusunan penulisan ini penulis harus menempuh langkah-langkah untuk mengumpulkan data dan informasi sebagai bahan untuk melengkapi materi penyusunan tugas ini. Adapun metode yang digunakan adalah sebagai berikut:
a. Studi Lapangan
Yakni mengumpulkan data penulisan dengan cara mengajukan pertanyaan kepada pihak yang bersangkutan secara langsung.
b. Studi Pustaka
Dengan membaca dan mempelajari beberapa buku referensi dan catatan kuliah yang berhubungan dengan penulisan ini.
1.5 Sistematika Penulisan
Sistimetika yang digunakan pada penulisan ini adalah sebagai berikut :
BAB I : Pendahuluan
Bab ini membahas tentang latar belakang masalah dan pembatasan masalah, metode penelitian dan sistematikan penulisan.
BAB II : Landasan Teori
Bab ini mengemukakan dan menjelaskan landasan teori yang berhubungan dengan Deployment PC Seat Management BCA Project serta teori tentang bahasa pemprograman Microsoft Visual Basic 6.0 yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini.
BAB III : PEMBAHASAN MASALAH
Bab ini menguraikan bagaimana penulis membuat suatu rancangan aplikasi dan bagaimana mewujudkan rancangan aplikasi tersebut.
BAB IV : PENUTUP
Bab ini berisikan kesimpulan dan saran dari apa yang penulis kemukakan pada bab sebelumnya.
BAB III

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2212052-aplikasi-laporan-deployment-dengan-menggunakan/#ixzz1Z7Wj6ieS

0 comment:

Posting Komentar

Followers