Labels

Selasa, 27 September 2011

Keilmuan PSIKOLOGI


  • Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku manusia dalam hubungan dengan lingkunganya. Menurut asal katanya psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno yaitu : Psyche yang berarti jiwa dan logie yang berarti ilmu.
    Secara etimologi psikologi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajar tentang jiwa. Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dann proses mental
    Psikologi adalah ilmu yang tergolong muda (sekitar akhir 1800an). Tetapi manusia sepanjang sejarah telah memperhatikan masalah psikologi. Seperti filsuf Yunani terutama Plato dan Aristoteles. Setelah itu St. Augustine (354-430) dianggap tokoh besar dalam psikologi modern karena perhatianya pada instropeksi dan keingintahuanya tentang fenomena psikologi. Pada awalnya psikologi merupakan bagian dari ilmu filsafat tentang jiwa manusia.

    Discartes (1596-6-1650) mengajukan teori bahwa hewan adalah mesin yang dapat dipelajari sebagaimana mesin lainya. Ia juga memperkenalkan konsep kerja refleks. Banyak ahli filsafat terkenal lain dalam abad ke17 dan ke 18. Pada waktu itu psikologi masih berbentuk wacana belum menjadi ilmu pengetahuan.

    Jiwa secara harfiah berasal dari bahasa Sansekerta JIV, yang berarti lembaga hidup atau daya hidup. Oleh karena itu jiwa merupakan pengertian yang abstrak, tidak dapat dilihat dan belum dapat diungkapkan secara jelas dan lengkap. Maka orang lebih cemderung mempelajari "jiwa yang memateri" atau gejala "jiwa yang meraga/menjasmani" yaitu bentuk tingkah laku manusia (segala aktivitas, perbuatan, penampilan diri) sepanjang hidupnya. Oleh karena itu psikologi butuh berabad-abad untuk memisahkan diri dari ilmu filsafat
    WILAYAH TERAPAN PSIKOLOGI

    Wilayah terapan psikologi adalah adalah wilayah-wilayah di mana kajian psikologi dapat diterapkan. Yaitu:

    1. Psikologi Sekolah

  • Psikologi sekolah berusaha menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademik, sosialisasi, dan emosi. Yang bertujuan untuk membentuk mind set anak.

    1. Psikologi Industri dan Organisasi
    Psikologi Industri memfokuskan pada pengembangan, mengevaluasi dan memprediksi kinerja suatu pekerjaan yang dikerjakan oleh individu, sedangkan psikologi organisasi mempelajari bagaimana suatu organisasi mempengaruhi dan berinteraksi dengan naggota-anggotanya.

    1. Psikologi Kerekayasaan
    Penerapan psikologi berkaitan dengan interaksi antara lain manusia dan mesin untuk meminimalisasi kesalahan manusia ketika berhubungan dengan mesin (human error)

    1. Psikologi Klinis
    Adalah bidang studi dan juga penerapan psikologi dalam memahami, mencegah dan memulihkan keadaan psikologis individu ke ambang normal.

    FUNGSI ILMU PSIKOLOGI

    Psikologi memiliki tiga fungsi sebagai ilmu yaitu:

    • Menjelaskan, yaitu mampu menjelaskan apa, bagaimana, dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasilnya penjelasan berupa deskripsi atau bahasan bersifat deskriptif.
    • Mendiskusikan, yaitu mampu meramalkan atau memprediksikan apa, bagaimana dan mengapa tingkah laku itu terjadi. Hasil prediksi berupa prognosa, prediksi atau estimasi.
    • Pengendalian, yaitu mengendalikan tingkah laku sesuai dengan yang diharapkan. Perwujudanya berupa tindakan yang sifatnya preventif atau pencegahan, intervensi atau treatment dan rehabilitasi atau perawatan.
    KAJIAN-KAJIAN ILMU PSIKOLOGI

    Beberapa kajian ilmu psikologi diantaranya:


    1. Psikologi Perkembangan
      Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk perilaku seseorang sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi perkembangan berkaitan erat dengan psikologi sosial, karena sebagian besar perkembangan terjadi dalam konteks adanya interaksi sosial. Dan juga berkaitan erat dengan psikologi kepribadian, karena perkembangan individu dapat membentuk kepribadian khas dari individu.
    2. Psikologi Sosial
      Bidang ini mempunyai tiga ruang lingkup yaitu:
      * Studi tentang pengaruh sosial terhadap proses individu, misalnya: studi tentang persepsi, motivasi, proses belajar, atribusi (sifat).
      * Studi tentang proses-proses individual bersama, seperti bahasa, sikap sosial, perilaku meniru dan lain-lain.
      * Studi tentang interaksi kelompok, misalnya kepemimpinan, komunikasi hubungan kekuasaan, kerjasama dalam kelompok dan persaingan.
    3. Psikologi Kepribadian
      Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menyesuaikan diri dengan lingkunganya, psikologi kepribadian berkaitan erat dengan peikologi perkembangan dan psikologi sosial. Karena kepribadian adalah hasil dari perkembangan individu sejak masih kecil dan bagaimana cara individu dalam berinteraksi sosial dengan lingkunganya.
    4. Psikologi Kognitif
      Adalah bidang studi psikologi yang mempelajari kemampuan kognisi, seperti: persepsi, proses belajar, kemampuan memori, atensi, kemampuan bahasa dan emosi.

    0 comment:

    Posting Komentar

    Followers