Labels

Senin, 26 September 2011

Tips Jitu Menyusun Skripsi Informatika

Pertama, Pilih topik anda lebih awal. Bila anda mengambil program sarjana 4 tahun maka idealnya ketika memasuki semester ke-7, anda sudah harus memulai memilah-milah topik skripsi apa yang akan anda kerjakan
. Anda akan membutuhkan sekitar 4-6 bulan untuk membaca, me-research dan menulis skripsi anda. Buatlah gambaran awal (outline) mengenai perangkat lunak yang akan anda buat. Spesifikasi program, kerumitan, fasilitas, manfaat dan tujuan dari perangkat lunak harus diperjelas. Konsultasikan dan ajukan proporsal skripsi anda kepada dosen / ketua jurusan. Lalu Cari dosen pembimbing yang menguasai topik anda dan teman-teman yang dapat membantu andaKumpulkan semua referensi yang berhubungan dengan skripsi anda baik itu teori maupun program jadi dari referensi berupa skripsi-skripsi senior atau referensi dari internet.
Mulailah menulis bab1 dan bab2 berupa pendahuluan dan teoriKerjakan program / perangkat lunak dengan cara minta bantuan teman-teman / senior-senior yang sudah paham, kemudian dilanjutkan menyusun bab 3 yang ada di dalam program prototype / rancangan, bab 4 yang berisi algoritma yang diambil dari program. Kemudian lanjutkan dengan bab 5 berupa kesimpulkan apa yang anda buat dan tulis kelemahan atau saran perbaikan program yang tidak dapat anda kerjakan. Konsultasikan bab per bab dengan dosen pembimbing anda karena itu hal yang sangat penting. Pelajari dengan baik skripsi anda, konsultasikan dengan penuh percaya diri dan jangan pernah terlihat anda lebih tahu dari dosen anda. Kuasai skripsi anda dan konsultasikan secara dua arah, gunanya yaitu bila anda diminta untuk membuat sesuatu yang di luar kemampuan anda. Anda bisa mencoba membalikkan permintaan tersebut dengan menyerahkannya kembali ke dosen tersebut dengan cara minta baik-baik dan hormat supaya dosen tersebut membimbing anda dengan penuh untuk menyanggupi permintaan tersebut, karena request tersebut benar- benar di luar kemampuan anda. Percayalah, bahwa tips ini akan membuat dosen anda sedikit berpikir ketika dia meminta anda untuk menambahkan sesuatu yang rumit.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/2211764-tips-jitu-menyusun-skripsi-informatika/#ixzz1Z7XgUP59

0 comment:

Posting Komentar

Followers