Labels

Senin, 26 September 2011

Perancangan PERANGKAT LUNAK APLIKASI SISTEM PERINGATAN DENGAN SMS

Penulisan tugas akhir ini berisi tentang perancangan perangkat lunak aplikasi sistem peringatan dini (early warning) bahaya kebakaran. Secara keseluruhan sistem terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak. Perangkat keras sistem terdiri dari sensor-sensor yang mendeteksi tanda-tanda kebakaran yaitu terdeteksinya asap
, munculnya api, dan terjadinya peningkatan suhu dalam sebuah ruangan. Semua informasi yang terdeteksi tersebut diproses oleh mikrokontroller yang berfungsi membunyikan alarm dan untuk mengirimkan data kepada komputer server melalui jalur komunikasi serial. Perangkat lunak pada komputer server membaca data yang diterima kemudian memutuskan apakah telah terdeteksi kebakaran pada ruangan yang dimonitor oleh perangkat keras. Jika semua tanda-tanda kebakaran telah terdeteksi maka secara otomatis program aplikasi akan mengirim pesan singkat (SMS) kepada petugas keamanan atau kepada pemilik bangunan.
Komunikasi serial sangat penting dalam sistem peringatan dini bahaya kebakaran ini. Penggunaannya yaitu dalam hubungan program aplikasi dengan mikrokontroller dan telepon genggam. Dalam konsep jaringan pun akan lebih memungkinkan untuk membangun sistem peringatan dini ini dengan lebih dari satu perangkat keras yang terhubung dengan program aplikasi pada komputer server. Faktor jarak yang jauh antara mikrokontroller dengan program aplikasi membuat komunikasi serial tidak akan mengalami kehilangan data pada kabel (cableloss).

Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dalam perancangan perangkat lunak aplikasi sistem peringatan dini bahaya kebakaran melalui SMS ini adalah sebagai berikut:
􀂃 BAB I PENDAHULUAN
Menguraikan tentang latar belakang, tujuan, permasalahan, batasan masalah, metodologi, dan sistematika pembahasan masalah yang digunakan dalam pembuatan proyek tugas akhir ini.
􀂃 BAB II TEORI PENUNJANG
Menguraikan teori-teori yang menunjang dalam perancangan program peringatan awal bahaya kebakaran melalui SMS ini, antara lain: bahasa pemrograman Visual Basic 6.0, komunikasi serial RS232, serta format dan karakteristik dari Protocol Data Unit (PDU) pada SMS.
􀂃 BAB III PERANCANGAN DAN CARA KERJA PROGRAM
Membahas secara lengkap tentang perancangan dan cara kerja dari program aplikasi peringatan dini bahaya kebakaran. Serta komunikasi dengan peralatan pendeteksi bahaya kebakaran melalui pengantarmuka komunikasi serial RS 232 dan komunikasi antara program aplikasi dengan telepon genggam. Disamping itu mendesain tampilan program aplikasi agar mudah penggunaannya.
􀂃 BAB IV PENGUJIAN DAN ANALISA SISTEM
Membahas tentang pengujian sistem perangkat lunak yang terintegrasi dengan perangkat keras dengan cara melakukan simulasi kebakaran.
􀂃 BAB V PENUTUP
Berisi tentang kesimpulan dari pengujian perangkat lunak aplikasi sistem peringatan dini bahaya kebakaran dan saran untuk perkembangan yang akan datang.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2212060-perancangan-perangkat-lunak-aplikasi-sistem/#ixzz1Z7W9Ov9m

0 comment:

Posting Komentar

Followers