Labels

Rabu, 28 September 2011

Php dan HTML


PHP adalah sebuah bahasa pemrograman scripting untuk membuat halaman web yang dinamis.walaupun sebagai bahasa untuk membuat halaman web,tetapi php sebenarnya juga dapat digunakan untuk membuat aplikasi command line dan juga GUI.namun yang dibahas di buku ini adalah penerapan php untuk membuat halaman web dinamis.cara kerja php adalah menyelipkan di antara kode HTML ,karena itu di modul pertama ini kita akan belajar sedikit HTML.

website yang dibuat menggunakan php memerlukan software bernama WEBSERVER tempat pemrosesan kode php dilakukan,server web yang memiliki sofware php praser akan memproses input berupa kode php dan menghasilkan output berupa halaman web.php bersifat terbuka dan multiplatform,karenanya dapat dijalankan di banyak merek web server (seperti apache dan IIS).saat ini, pengguna php sangat banyak, diklaim ada lebih dari 20 juta website yang menggunakan php yang dijalankan lebih dari 1 juta server.

MENGENAL HTMLhalaman web yang biasa anda lihat ketika browsing di internet selalu ditulis dengan menggunakan bahasa HTML.tak peduli halaman web tersebut dibuat menggunakan berbagai bahasa seperti PHP, JSP, ASPX,atau cold fusion.hasil akhirnya yang ditampilkan oleh browser tetap adalah HTLM murni.
HTML awalnya hanya didesain sebagai bahasa untuk pertukaran dokumen teknis dan saintifik.karena itu HTML didesain secara sederhana,HTML menggunakan tag-tag yang dapat dpahami dengan mudah untuk membuat dokumen sederhana. dalam waktu singkat ,HTML kini telah populer dan dikuasai banyak orang untuk membuat web.

untuk mengetahui kode HTML sebuah website, coba lakukan langkah berikut ini :
1. buka sebuah website menggunakan browser
2. jika menggunakan firefox.klick kanan pada halamann lalu pilih menu show page source
3. jika menggunakan internet exlplore,klik kanan pada halaman menu pilih menu VIEW cource4. maka kode-kode HTML yang digunakan akan terlihat seperti halnya
5. kode HTML adalah kode scipting, artinya hanya berupa teks murni ,sehingga walaupun anda menyisipkan kode PHP di script halaman web,kode HTML yang dihasilkan tetap berupa kode HTML murni
6. file HTML murni yang berekstensi.htm atau .html akan langsung diperoleh dari server.sementara file HTML yang memiliki skrip PHP umumnya berekstensi .php akan diolah/di parsing terlebih dahulu di PHP parser yang ada di server untuk menghasilkan tampilan kode HTML murni.

Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/websites/2205457-php-dan-html/#ixzz1ZJ53qe7s

0 comment:

Posting Komentar

Followers