Labels

Selasa, 27 September 2011

Pengertian Pemanasan Global

Pemanasan global atau Global Warming adalah adanya proses peningkatan suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi akibat peningkatan jumlah emisi Gas Rumah Kaca (GRK) di astmosfer bumi.

PG akan diikuti dengan Perubahan Iklim (PI), seperti meningkatnya curah hujan di beberapa belahan dunia sehingga menimbulkan banjir dan erosi. Sedangkan di belahan bumi lain akan mengalami musim kering yang berkepanjangan disebabkan kenaikan suhu.

Berdasarkan pembahasan di atas, sering digunakan istilah secara substitusi antara antara Efek Rumah Kaca, Pemanasan Global dan Perubahan Iklim. Namun demikian pada dasarnya untuk menggambarkan hubungan sebab akibat, dimana Efek Rumah Kaca adalah penyebab, sementara Pemanasan Global dan Perubahan Iklim adalah akibat.

ERK menyebabkan terjadinya akumulasi panas (atau energi) di atmosfer bumi. Dengan adanya akumulasi yang berlebihan tersebut iklim global melakukan penyesuaian. Penyesuaian yang dimaksud salah satunya adalah peningkatan temperatur bumi, kemudian disebut Pemanasan Global (PG) dan berubahnya iklim regional, pola curah hujan, penguapan, pembentukan awan - atau Perubahan Iklim (PI).

Penelitian yang telah dilakukan para ahli yang tergabung dalam projek Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) selama beberapa dekade terakhir ini menunjukkan bahwa ternyata makin panasnya planet bumi terkait langsung dengan gas-gas rumah kaca yang dihasilkan oleh aktifitas manusia, kenaikan suhu permukaan global itu meningkat 1.1 hingga 6.4 °C (2.0 hingga 11.5 °F) antara tahun 1990 dan 2100.
Dampak dari Pemanasan global adalah :
a. Musnahnya berbagai jenis keanekaragaman hayati
b. Meningkatnya frekuensi dan intensitas hujan badai, angin, dan banjir
c. Mencairnya es dan glasier di kutub.
d. Kenaikan permukaan laut hingga menyebabkan banjir
yang luas. Pada tahun 2100 diperkirakan permukaan air laut naik hingga 15 - 95 cm.
e. Meningkatnya jumlah tanah kering akibat kemarau yang berkepanjangan.
f. Kenaikan suhu air laut yang dapat mengancam rusaknya karang.
g. Meningkatnya kebakaran hutan.
h. Meningkatnya penyakit tropis seperti malaria.
i. Terjadi arus perpindahan penduduk ke suatu daerah tertentu.


Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/earth-sciences/2214132-pengertian-pemanasan-global/#ixzz1ZDOJoNbq

0 comment:

Posting Komentar

Followers