Labels

Selasa, 27 September 2011

Aplikasi Perpustakaan LASer (Library Automation Service)

Otomasi Perpustakaan Laser Ver. 2.0 adalah program aplikasi perpustakaan yang dibangun dengan software open source dengan bahasa Scripting PHP dan database MySQL
. Program ini digunakan untuk menangani tugas-tugas ruting perpustakaan seperti pengolahan bahan pustaka, penelusuran informasi buku secara online (OPAC), dan layanan sirkulasi. Layanan sirkulasi dapat dilakukan oleh petugas perpustakaan ataupun dengan layanan mandiri untuk peminjaman dan perpanjangan koleksi. Serta chekout bahan pustaka.

Software otomasi perpustakaan yang satu ini (LASer Ver.2.0) dikembangkan oleh Tim MDLRG (Muhammadiyah Digital Library Research Group) yang diketuai Muhammad Nasar, ST. dari Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Malang. Hampir sama dengan Senayan, LASer sama-sama menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Hal yang paling membedakan adalah Senayan free, tapi LASer harus membeli sorce codenya di pengembangnya.

Fitur Aplikasi Perpustakaan LASer (Library Automation Service)


LASer ver 2.0 yang dibuat oleh tim MDLRG perpustakaan UMM. Dengan bahasa Schripting PHP dan database MySQL, yang bersifat open source. Pada makalah ini akan menguraikan bagaimana proses setup system perpustakaan dari konvensional menjadi sistem terotomasi menggunakan LASER 2.0. Dijelaskan secara detail mengkonfigurasi manajemen bahan pustaka , anggota, dan layanan juga dijelaskan teknis operasional pengolahan koleksi buku, sistem layanan sirkulasi buku, serta administrasi anggota, secara terkomputerisasi seperti berikut :


Fitur Pengolahan dan Otomasi Bahan Pustaka


Dalam mengelola perpustakaan, unit pengolahan merupakan kegiatan inti di perpustakaan. Yaitu memproses koleksi yang baru datang, sampai menjadi bahanpustaka yang siap untuk disajikan/dipinjam. Kegiatan ini berupa inventarisasi, katalogisasi, entri data, dan labeling. Berikut ini adalah tampilan modul pengolahan pada LASer ver 2.0. setelah petugas login dengan user name yang bertugas di pengolahan.

Fitur Cari dan Eksemplar Bahan Pustaka


Menu Cari & + Eksemplar ini difungsikan untuk penambahan eksemplar (copy) dari bahan pustaka. Menu ini juga sekaligus merupakan search engine LASer ver. 2.0. yang diperuntukkan bagi petugas pengolahan. Hal ini dikarenakan bagian pengolahan pun memerlukan informasi data-data yang sudah ada. Sebelum memproses sebuah koleksi hendaknya diketahui koleksi tersebut sudah dimiliki perpustakaan atau belum, sehingga tidak terjadi adanya duplikasi judul koleksi maupun jumlah copy yang dimiliki.Adapun cara kerja mesin pencarian ini tidak jauh bebeda dengan OPAC (Online Public Acces Catalog) dibagian sirkulasi. Hanya yang membedakan pada tampilan saja, yang disesuaikan dengan kebutuhan penggunaanya. Jika menu Cari & + Eksemplar ini usernya adalah petugas pengolahan, sedang OPAC tampilannya disesuaikan untuk pengguna atau pengunjung perpustakaan dan dibuat lebih user friendly, dimana mayoritas pengguna perpustakaan tidak memahami katalog. Menu pencarian LASer ini membagi 3 macam pilihan jenis koleksi yang dimiliki perpustakaan.

0 comment:

Posting Komentar

Followers