Labels

Selasa, 27 September 2011

Melatih Otak Setajam Silet...!!

Otak kita merupakan sumber dari semua kegiatan yang dilakukan, semua yang dipikirkan, dan semua yang dirasakan, serta bagaimana kita berinteraksi dengan yang lain.
Hampir mirip seperti komputer yang mengatur kehidupan rumit yang sedang dijalani. Otak juga merupakan organ lembut yang menjadi rumah bagi rasio kita. Oleh karena itu, penting sekali membuat otak berfungsi secara maksimal. Dengan melakukan kegiatan yang positif dan benar, kita dapat meningkatkan daya ingat, mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah, dan mendorong kemampuan beraktivitas.
Di bawah ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkat kemampuan otak manusia.
1.Berhentilah
Luangkan waktu sekitar 20-30 menit setiap harinya untuk bermeditasi. Jangan pikirkan apapun bahkan tidur. Duduklah dengan santai, kurangi sensor yang berhubungan dengan situasi luar dan cobalah untuk berkonsentrasi pada pikiran. Sebuah penelitian di Universitas Kentucky di Amerika Serikat menyebutkan bahwa orang yang bisa meluangkan waktu untuk bermeditasi selama 30 menit setiap malam, mendapatkan kemajuan yang lebih baik daripada orang yang meluangkan waktu sebentar untuk tidur siang.
2.Galakkan olahraga
Berolahraga dapat meningkatkan volume otak, seperti yang telah dipelajari oleh Universitas Illinois, Amerika Serikat. Mereka melakukan penelitian pada dua kelompok. Kelompok pertama melakukan latihan aerobik selama satu jam tiga kali dalam seminggu, sedangkan kelompok yang lainnya hanya melakukan peregangan biasa saja. Hasil penelitian menyebutkan bahwa grup yang melakukan aerobik mendapatkan peningkatan volume otak dan cairan putih yang menghubungkan saraf manusia.
3.Seimbangkan kegiatan
Ubahlah jadwal kegiatan yang sama setiap beberapa waktu. Jangan terlalu lama berkutat pada rutinitas yang sama dan membosankan. Dengan adanya kegiatan yang berbeda, maka kita juga memberikan stimulasi pada otak untuk bekerja lebih baik.
4.Membaca buku
Pilihlah buku yang anda sukai apapun itu. Selain untuk memperkuat otak, membaca buku juga dapat menenangkan organ penting ini. Selain itu, membaca buku dapat membantu meningkatkan keahlian kognitif dan menambah perbendaharaan kosa kata. Lakukan kegiatan ini secara teratur. Maka anda akan merasakan bahwa informasi yang telah diserap membuat anda menjadi pembicara yang menarik.
5.Secangkir kecil kopi
Mengkonsumsi kopi dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan konsentrasi setelah 40 menit. Akan tetapi hasil riset pada binatang membuktikan bahwa setelah meminum kopi kemampuan tersebut akan kembali seperti semula. Jadi, sepertinya tidak perlu meminum kopi secara berlebihan.
6.Melibatkan diri dalam suatu perdebatan sehat
Berdiskusi secara sehat dapat memberikan stimulasi yang besar pada otak. Bermain-main dengan otak dapat membuat aliraan darah lancar dan menguatkan antara sel saraf dengan otak kita.Selain menyenangkan hal ini juga bisa untuk melatih keahlian berfikir cepat, logis, dan kreatif. Satu hal lagi, dengan meyakini suatu teori pada saat berdebat akan membantu kita dalam karier dan hubungan pribadi.
7.Bermain video game
Aktivitas ini dapat mengembangkan kemampuan visual yang lebih baik dan bisa membuat keputusan 85% lebih cepat daripada mereka yang tidak pernah bermain game. Dan hal ini telah dibuktikan oleh seorang ahli dari Universitas Rochester, New York.
8.Keampuhan kunyit
Para peneliti dari Universitas California menemukan bukti bahwa zat kuning yang terdapat dalam kunyit dapat mengurangi turunnya kualitas ingatan. Kunyit juga dapat melindungi otak dari penyakit Alzheimer.
9.Memainkan musik
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanfrod membuktikan bahwa mempelajari sebuah alat musik dapat mengembangkan kemampuan otak dalam proses pengucapan kata oleh manusia. Selain itu, mempelajari musik juga memberikan stimulasi pada kreativitas individu karena memerlukan konsentrasi dalam mempertahankan nada dan tempo musik yang sedang dimainkan.
10.Konsumsi snack
Mengonsumsi snack yang berlemak memberi tambahan keuntungan untuk sel abu-abu yang ada dalam otak kita. Selain itu, mengkonsumsi buah-buahan kering 200 gram sehari, dapat membuat skor lebih tinggi dalam keahlian motorik daripada yang tidak pernah mengkonsumsi makanan ini. British Nutrition Foundation mengatakan bahwa kurma kering rendah lemak sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan otak.
Dari sedikit kegiatan di atas, kita harus ingat untuk tetap mempertahankan kekuatan mental diri sendiri dengan memberi banyak stimulasi terhadap otak kita. Dengan mempertahankan otak supaya tetap aktif, keuntungan yang akan kita dapat semakin banyak dan tentu saja akan membuat kita menjadi lebih baik.


Sumber: http://id.shvoong.com/exact-sciences/physics/2214441-melatih-otak-setajam-silet/#ixzz1ZDMKR0dg

0 comment:

Posting Komentar

Followers